Senin, 25 Mei 2009

Tips sukses portofolio

Dalam penyusunan portofolio tentunya kita berharap agar kita bisa lolos tanpa melalui PLPG, untuk itu kita memperhatikan hal berikut :
1.Buatlah portofolio sendiri, bukannya “Menjahitkan” portofolio, demikian bahasa para asesor ketika mereka menemukan portofolio yang bukan disusun oleh guru yang bersangkutan sendiri.
2. Usahakan komponen portofolio yang anda masukkan memilki bukti yang kuat, orisinal
3.Jangan memasukkan RPP yang asal jadi, karena harap diperhatikan, RPP adalah salah satu point penting dalam penilaian portofolio.
4.Hiindari memasukkan SK pengangkatan yang tidak masuk akal, seperti SK pengangkatan tahun 1980-an tapi sudah menggunakan komputer untuk pencetakannya.
5.Melampirkan laporan penelitian yang tidak jelas asalnya darimana, karena para asesor itu adalah orang-orang yang terpilih dan memiliki keahlian dibidangnya, sehingga mereka tahu betul seluk beluk laporan penelitian.
6.Melampirkan sertifikat produk massal, karena sejak munculnya sertifikasi guru dalam jabatan, banyak pihak yang memanfaatkan kesempatan ini dengan menjual sertifikat, padahal acara yang tercantum dalam sertifikat tidak pernah ada atau dilaksanakan.
7.Usahakan konsultasi dengan teman sejawat yang sudah mengikuti sertifikasi, uatamnya yang sudah lulus.
8.Teliti dan teliti kembali portofolio sebelum anda jilid barang kali ada hal yang kurang
9. Kumpulkan portofolio sesuai jadwal jangan sampai terlabat dan berdoalah selalu kepada Yang Maha Kuasa
Semoga Sukses, amiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar