Jumat, 19 Juni 2009

Koordinat aman dan nyaman

Sadar atau tidak kita saat ini berada dalam koordinat kartesian xyz atau koordinat polar sferis. Manusia normal dan kebanyakan adalah selalu berada di wilayah koordinat aman dan nyamannya masing-masing. Seperti juga saya. Suatu saat ketika kita dipaksa dan harus keluar dari koordinat atau zona aman yg nyaman itu. maka saat inilah kita bisa melihat sesuatu dari sisi dan sudut pandang lain. Hikmah yang dapat kita ambil saat itu adalah kita bisa tahu dan menyadari diri kita bahwa selama ini kita tidak sehebat yang kita kira… kita terkungkung dalam koordinat-koordinat individu.
Kondisi yang terasa nyaman kadang membuat kita lupa untuk melihat dunia luar, Dinding pada bidang sekitar koordinat aman dan nyaman kita itulah penyebabnya. Jadi benar kondisi seperti inilah salah satu yg menyebabkan guru-guru bak katak dalam tempurung, seperti saya.
Bagaimana kondisi anda, rekan guru?! Semoga tidak seperti saya yg sering enggan keluar dari “koordinat”.
Mari kita buka diri untuk sesering mungkin keluar dari koordinat aman dan nyaman selama ini yang membuat kita sok cukup, sok hebat, di depan anak didik kita. Belajar dari banyak hal, membuka wawasan dan lebih banyak berbagi. Kita coba posisikan sejajar gelombang diri dengan gelombang anak didik, dengan gelombang pihak lain, kita turut menyelaminya untuk bisa membantu mereka dan diri untuk belajar dan menggali potensi anak, sembari menggali potensi diri kita yang selalu terkungkung tak beruntung.
Bila kita berpikir laksana seorang yg ahli di suatu bidang padahal kita sadar sedikit yg kita tahu, lebih sedikit lagi yg telah kita bagi untuk pihak lain, maka mandeg-lah diri kita untuk berkembang. Kasihan sekali diri kita.
Bangkitlah Guru untuk Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar