Selasa, 11 Agustus 2009

Jawaban Uji Indikator hal 5

1. Yang melatarbelakangi digunakannya jaringan pada komputer adalah perkembangan dan kebutuhan atas informasi dan komunikasi menuntut komputer yang digunakan saling berhubungan secara luas.Dengan adanya jaringan komputer, memudahkan seseorang dalam mencari suatu informasi yang dibutuhkan.

2. Perkembangan pola jaringan pada awalnya dilakukan pada jaringan yang sangat terbatas yakni dengan menggunakan dua buah komputer. Kemudian berkembang menjadi lebih luas yang dikenal dengan Jaringan Lokal atau LAN. Dengan adanya perkembangan dan kebutuhan atas informasi dan komunikasi menuntut komputer yang digunakan dapat berhubungan dengan luas sehingga terbentuklah MAN. Perkembangan kebutuhan yang lebih luas lagi diperlukan jaringan yang lebih luas sehingga digunakan WAN. Dan dengan adanya perkembangan dan kebutuhan atas informasi dan komunikasi yang lebih luas (bersifat global) dan dalam skala internasional maka digunakan jaringan internet yang digunakan sampai saat ini.

3. Pola jaringan dalam computer ada 5 yaitu
1. Penggolongan jaringan berdasarkan metode distribusi data
Berdasarkan penggolongan tersebut ada 2 :
Jaringan terpusat
Jaringan terdistribusi
2. Penggolongan jaringan berdasarkan hubungan fungsional komputer dalam pemrosesan data
Jaringan client-server
Jaringan peer to peer
3. Penggolongan jaringan berdasarkan jangkauan wilayahnya
LAN
MAN
WAN
4. Penggolongan berdasarkan metode koneksinya
Jaringan berkabel
Jaringan nirkabel
5. Penggolongan jaringan berdasarkan topologinya.

Topologi bus





Topologi star




Topologi ring




Topologi mesh







4. LAN adalah jaringan yang cakupannya relative sempit, terbatas pada sebuah ruangan atau sebuah gedung atau sebuah kompleks
MAN adalah jaringan yang menghubungkan dua atau lebih LAN tetapi jangkauannya tidak melebihi wilayah kota atau metropolitan terdekat.
WAN adalah jaringan komunikasi data yang mencakup wilayah geografi yang luas dan biasanya memanfaaatkan jaringan komunikasi, misalnya saluran telepon.

6. Sejarah perkembangan internet saat ini
Dengan internet kita dapat memeroleh informasi yang banyak.Untuk para pencari referensi,dapat menggambarkan internet sebagai perpustakaan yang serba lengkap.
Saat ini banyak para pemakai internet yang segera mengupload hasil penelitian,penulisan,dan karya terbarunya untuk publikasi,dan menyebarkan pada masyarakat luas.Saat ini internet banyak ditawarkan barang,kita dapat membeli barang yang ditawarkan tanpa harus mngunjungi penjual.Sistem ini diknal sebagai E-commerce.Sekarang masyarakat juga mengenal chatting yang merupakan pola bicara di internet.Selain itu,masyarakat juga mengenal e-mail yang merupakan pengiriman surat yang dapat dilakukan secara langsung dan diterima secara langsung asal penerimanya sedang on-line.Masyarakat sering mngupload internet karena intrnet merupakan sumber bacaan lengkap dan berbiaya murah.


7. WAP. Adalah:jaringan yang di kenal sebagai jaringan internet tanpa kabel atau (nirkabel.) yang dalam beroperasi dapat menggunakan bantuan telepon seluler sebagai sarana penghubung.

8. Internet dikenal sebagai dunia cyberspace maksudnya internet merupakan dunia maya tanpa batas yang tidak mengenal batas- batas suku, bangsa, dan benua.

9. Hal yang dapat dilakukan melalui internet:
Mencari informasi(hosting)
Belanja(e-commerce)
Berkirim surat(e-mail)
Mengobrol(chatting)
Research dengan internet

10. Melalui internet kita dapat memperoleh informasi yang sangat banyak tanpa batas karena internet memungkinkan kita berhubungan dengan computer di seluruh dunia . Internet merupakan jarinagan terbesar saat ini dan merupakan dunia tanpa batas(cyberspace)yang tidak mengenal batas-batas suku,bangsa, dan benua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar